Materi Kamis 23 Januari 2020
Hari/tanggal : 23 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/2
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1.
memahami isi dan amanat puisi yang akan dideklamasikan.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1.
mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
3.4.1.
menjelaskan karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
4.4.
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
4.4.1.
membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
3.2.1.
memahami cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
4.2.
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
4.2.1.
mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
Siswa membaca teks bacaan tentang Aku Sarjana Pemulung, bacaan tersebut
ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa tentang pentingnya
pelestarian lingkungan hidup. Bacaan ini merupakan penghubung antara
judul tema dengan topik pelestarian lingkungan hidup.
Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana
Pemulung”
• Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram yang disedikan di Buku Siswa.
• Siswa mencari informasi yang terkait dengan poin-poin yang harus ia isi pada diagram,tentang halangan yang dihadapi oleh tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita.
• Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut.
Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita tersebut.
Guru memberikan penjelasan tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan
untuk melestarikan lingkungan, salah satunya adalah membuat karya seni
dari bahan-bahan daur ulang.
• Siswa dikenalkan dengan karya seni yang disebut dengan kolase, guru menjelaskan apa itu kolase dan memberikan contoh karya-karya kolase.
• Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolase (lembar kertas karton atau kertas gambar, lem,gunting, koran bekas dan gambar)
Siswa mengikuti langkah-langkah membuat
kolase:
1. Siapkan gambar pola pada selembar kertas
2. Potong bahan-bahan (koran bekas) menjadi potongan-potongan kecil
3. Tempelkan potongan-potongan kecil tersebut ke permukaan gambar yang telah
disediakan.
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/2
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1.
memahami isi dan amanat puisi yang akan dideklamasikan.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1.
mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
3.4.1.
menjelaskan karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
4.4.
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
4.4.1.
membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
3.2.1.
memahami cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
4.2.
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
4.2.1.
mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
Siswa membaca teks bacaan tentang Aku Sarjana Pemulung, bacaan tersebut
ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa tentang pentingnya
pelestarian lingkungan hidup. Bacaan ini merupakan penghubung antara
judul tema dengan topik pelestarian lingkungan hidup.
Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana
Pemulung”
• Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram yang disedikan di Buku Siswa.
• Siswa mencari informasi yang terkait dengan poin-poin yang harus ia isi pada diagram,tentang halangan yang dihadapi oleh tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita.
• Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut.
Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita tersebut.
Guru memberikan penjelasan tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan
untuk melestarikan lingkungan, salah satunya adalah membuat karya seni
dari bahan-bahan daur ulang.
• Siswa dikenalkan dengan karya seni yang disebut dengan kolase, guru menjelaskan apa itu kolase dan memberikan contoh karya-karya kolase.
• Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolase (lembar kertas karton atau kertas gambar, lem,gunting, koran bekas dan gambar)
Siswa mengikuti langkah-langkah membuat
kolase:
1. Siapkan gambar pola pada selembar kertas
2. Potong bahan-bahan (koran bekas) menjadi potongan-potongan kecil
3. Tempelkan potongan-potongan kecil tersebut ke permukaan gambar yang telah
disediakan.
Komentar
Posting Komentar