MATERI AJAR

Hari/Tanggal : Kamis, 11 November 2021
Kelas : III
Tema 4 : Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4 : Kewajiban dan hakku sebagai warga negara
Pembelajaran : 5

Assalaamualaikum...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa

Ayo anak pak guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan ibu guru, Kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri atas puluhan etnis, budaya, suku, dan agama. Membutuhkan sikap yang memungkinkan terciptanya masyarakat damai dan rukun. Dipungkiri atau tidak, perbedaan yang ada sangat beresiko pada kesamaan konflik. Terutama dipacu oleh pihak-pihak yang menginginkan kekacauan di masyarakat.

Perbedaan atau kebhinekaan Nusantara tidaklah diciptakan dalam satu waktu saja. Proses perjalanan manusia di muka bumi Indonesia dengan wilayah yang luas menciptakan keberagaman suku dan etnis manusia. Maka lahir pula sekian puluh kepercayaan dan agama nan berkembang di setiap suku-suku di Indonesia.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut ini dengan cermat!

Apa yang kamu lihat pada gambar?
Apa kue kesukaanmu?
Bagaimana kue itu dibungkus?

Siswa berbagi pengalaman tentang jajanan kesukaannya. Diharapkan setiap siswa mengetahui
jajanan kesukaan teman-teman sekelasnya.

Ayo Membaca

Perayaan Hari Besar Agama

Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue.

Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan.

Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun.

Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya!

Kalimat Saran :

Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati.

Semua orang harus saling menghargai dan menghormati perbedaan suku, agama, dan kebiasaan. Karena jika kita tidak mau menghargai dan menghormati maka akan terjadi perselisihan dan perpecahan antar suku dan agama.

Ayo Mencoba
Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun.
1. Berteman dengan semua orang tanpa mebeda-bedakan agama.
2. Saling menghargai satu sama lain dalam melaksanakan ajaran agama.
3. Bekerjasama atau bergotong royong saat merayakan hari besar agama.
4. Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu

Ayo Menulis
Kamu sudah tahu kewajiban menghargai temanmu yang berbeda agama. Apakah kamu tahu hakmu
yang berkaitan dengan agama? Sebutkan lima hak berkaitan dengan agama! Tuliskan pada tempat yang tersedia!
1. Hak untuk menganut agama dan kepercayaannya masing-masing.
2. Hak untuk menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing.
3. Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dari seluruh masyarakat dan pemerintah terlepas dari agama dan keyakinan yang dianut
4. Hak untuk mendirikan tempat ibadahnya masing-masing.
5. Hak untuk meyakini agama yang diyakini tanpa paksaan dari orang lain.

Ayo Bercerita
Apakah kamu memiliki teman yang berbeda agama? Bagaimana kamu menghargai haknya?Bagaimana temanmu menghargai hakmu? Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Ayo Berlatih
Ibu Udin membuat kue untuk perayaan Maulid Nabi. Peserta pengajian ada 100 anak. Berapa kue yang harus ibu buat? Berapa buah kue yang diterima setiap anak?
 
Banyak  KueDibagi Jatah/Anak Sama
Dengan 
Banyaknya  Anak
300:3=100
600:6=100
800:8=100
900:9=100
1.000:10=100

Ibu Dayu ingin menyediakan tape ketan (injin) untuk perayaan Galungan. Peserta perayaan ada 120 anak. Berapa banyak tape ketan yang harus ibu sediakan? Berapa tape ketan yang diterima setiap anak? Tuliskan lima jawaban pada tabel berikut!

Banyak     Tape
Ketan
Dibagi Jatah/Anak Sama
Dengan 
Banyaknya  Anak
360:3=120
480:4=120
600:5=120
720:6=120
960:8=120

Latihan
Kerjakan Modul tematikmu (cerdas) Uji Komptensi 4 Tema 4 Subtema 4 halaman 104-105 bagian I
( Matematika dan Seni Budaya dan Prakarya).

Contoh : 

Matematika
1. A
2. B
3. dst.

SBdP
1. A
2. B
3. dst.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin5oktober2020

Jumat 4september2020