MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Senin, 1 November 2021Tema 4 : Kewajiban dan HakKu
Subtema 3 : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Pembelajaran ke- : 1
Muatan : Bahasa Indonesia, Matematika,SBdP
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak pak guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan pak guru,
Materi :
Kalimat Saran
Perkalian Dua Bilangan Cacah
Karya Dekoratif
Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Setiap orang berkewajiban menjadi tetangga yang baik. Kita wajib bersyukur memiliki tetangga yang baik. Jadilah tetangga yang baik!
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tetangga adalah orang yang tinggal disebelah rumah kita, orang yang tinggal berdekatan rumah dengan kita, sedangkan bertetangga adalah hidup berdekatan karena bersebelahan rumah.
Ayo Membaca
Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu? Ceritakanlah!
Bacalah percakapan Lani dan ibunya berikut ini!
Tetangga Baru
Lani | : | Ibu, aku mempunyai teman baru. Sudah hampir seminggu dia tinggal di dekat rumah kita. |
Ibu | : | Bagus sekali, nak! Kamu pasti sangat senang. |
Lani | : | Tentu, ibu. Ibu Guru berpesan sebaiknya kita mengenal tetangga. Mengenal tetangga adalah kewajiban kita. |
Ibu | : | Betul sekali, nak. Mereka juga mempunyai hak untuk dikenal. Apakah kamu senang mengenalnya, nak? |
Lani | : | Tentu, bu. Dia sudah kelas V SD. Dia pandai menggambar. |
Ibu | : | Sebaiknya kau ajak dia ke rumah! Kenalkan kepada ibu. Kenalkan juga kepada teman-temanmu. |
Lani | : | Tentu, ibu. Terima kasih mengizinkan aku bermain dengannya. |
Apakah kalimat-kalimat berikut termasuk kalimat saran? Beri tanda "B" bila benar dan "S" bila bukan kalimat saran! Beri alasan!
1. Ibu, aku mempunyai teman baru. (S) Karena hanya pemberitahuan bahwa aku mempunyai temain baru.
2. Sebaiknya kamu mengenal tetangga. (B) Karena berupa anjuran untuk mengenal tetangga.
3. Mengenal tetangga adalah kewajiban setiap individu.
4. Sebaiknya kau ajak dia ke rumah!
5. Kenalkan juga kepada teman-temanmu.
Ayo Mencoba
Bacalah pernyataan berikut! Berilah saran!
1. Lani mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmu untuk Lani?Sebaiknya Lani mengenalkan dirinya terlebih dahulu kepada tetangga baru tersebut.
2. Tetangga Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan tetangganya. Apa saranmu untuknya? Sebaiknya Lani mendatangi rumah tetangga baru tersebut dan memperkenalkan diri.
3. Lani harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa saranmu?
4. Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan?
5. Senangkah kamu mempunyai tetangga? Apa yang seharusnya kamu lakukan kepada tetanggamu?
Ayo Berlatih
Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?
Bila ibu membeli 10 buah toples, berapa isi masingmasing toples?
10 x ... = 800
Maka jawabannya adalah: 80. Jadi, masing-masing toples berisi 80 buah kue bawang.
Tuliskan kemungkinan lainnya!
Ingatlah bahwa setiap toples harus terisi kue bawang yang sama banyak.
1 | 2 | x | 400 | = | 800 |
2 | 4 | x | 200 | = | 800 |
3 | x | 160 | = | 800 | |
4 | x | = | 800 | ||
5 | x | = | 800 |
Ayo Mengamati
Lani senang mengamati rumah tetangganya. Lani melihat di setiap rumah terdapat berbagai bentuk bangun datar. Bentuk-bentuk bangun datar apa saja yang sudah kamu ketahui?Amati bentuk bangun datar di bawah ini! Warnailah dengan warna merah, kuning, hijau dan biru! Gunakan pensil warna!
Latihan
Buatlah gambar di bawah ini di buku latihanmu!
Latihan
Buatlah gambar di bawah ini di buku latihanmu!
Ayo Mencoba
Lani juga mengamati warna-warna cat tembok rumah tetangganya. Lani pun menjadi terinspirasi untuk berkreasi. Lani ingin berkreasi dengan bentuk bangun datar dan warna yang ia lihat. Ia menggunakan kertas gambar, penggaris, pensil, dan pensil warna.
Amati gambar yang dibuat Lani! Menggambarlah seperti Lani ! Berkreasilah sesukamu! Pilih bentuk dan warna yang kamu sukai! Gunakan kertas gambar dan pensil warna!
Langkah-langkah membuat gambar:
1. Buat garis tepi di sebelah kiri, kanan, atas, dan bawah pada kertas gambarmu.
2. Buat Lingkaran besar dengan garis tengah sesuai kertas gambarmu. Gunakan jangka atau benda berbentuk lingkaran.
3. Bagi lingkaran menjadi dua, lalu empat, lalu delapan. Gunakan pensil dan penggaris jika diperlukan.
4. Bagi lingkaran menjadi enam belas, kemudian buat garis di ujung lingkaran seperti pada gambar.
5. Warnai gambar dengan warna kesukaanmu.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini bermanfaat
dan dapat menambah wawasan baru.
Tetap semangat belajar di rumah ya ......
Kerjakan sholat lima waktu, murojaah / tadarrus serta patuhi nasehat Ayah Bunda/
Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Komentar
Posting Komentar