senin3 mei2021
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Senin, 3 Mei 2021
Kelas : 3 c
Tema : 8 ( Praja Muda Karana)
Subtema : 4( Aku Suka Berkarya )
Pembelajaran : 1 & 2
Tujuan pembelajaran :
- Menentukan Denah Rumah
- Menentukan ide Paragraf
- Sikap pancasila
bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak ibu guru, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi.
Nah sekarang kita akan belajar untuk Menentukan Denah Rumah, Menentukan ide Paragraf, Sikap pancasila
Udin dan teman-teman sedang berlatih membaca denah. Udin dan teman-teman melakukan perjalanan membawa denah. Denah dilengkapi dengan tanda arah. Denah bermanfaat untuk membantu menemukan suatu lokasi yang dimaksud.
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi/letak dari suatu tempat. Denah bisa diartikan gambaran sederhana tentang suatu tempat. Denah dapat di pakai oleh seseorang yang mencari suatu tempat dengan tujuan agar tempat tersebut mudah ditemukan.
Apakah kamu mengetahui arti denah dan arah mata angin? Bacalah informasi berikut untuk mengetahui maksud denah dan arah mata angin!
Arah Mata Angin dan Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat. Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.
SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara.
Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umum digunakan dalam navigasi, kompas dan peta. Pusat mata angin terdapat 8 arah dengan urutan berikut (mengikuti arah jarum jam). Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.
Keterangan
Sikatan | Arti | Singkatan | Arti |
---|---|---|---|
U | Utara | S | Selatan |
TL | Timur Laut | BD | Barat Daya |
T | Timur | B | Barat |
TG | Tenggara | BL | Barat Laut |
Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.
Untuk menghafal nama-nama arah mata angin, dapat dengan menyanyi. Ubah lirik lagu Pelangi dengan 8 arah mata angin seperti berikut.
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali gambar denah yang dibawa Udin dan teman-teman! Berikut ini gambar denah kelas Udin.
Keterangan
1. Meja peserta didik
2. Kursi peserta didik
3. Meja guru
4. Kursi guru
5. Papan tulis
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai denah! Isilah titik-titik berikut dengan arah mata angin
- Masjid berada di sebelah Barat Laut SD Nusantara.
- Taman bermain Kenanga berada di sebelah Barat Daya gereja
- SD Nusantara berada di sebelah Timur taman bermain
- Gereja berada di sebelah pos Utara ronda.
- Rumah teman Udin tepat di seberang Barat gereja.
- Jalan apa yang dapat dipilih untuk menuju sekolah? Jalan Dahlia.
Ayo Berlatih
Udin berlatih membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar. Udin mencatat informasi tentang banyak rumah. Udin dan temanteman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan. Berikut ini laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.
Cobalah membuat diagram sesuai data berikut! Tabel berikut menyajikan data warna rumah.
No | Warna | Banyaknya Rumah |
---|---|---|
1 | Merah | 8 |
2 | Kuning | 6 |
3 | Hijau | 10 |
4 | Biru | 4 |
Menjadi Petugas Penerima Tamu
Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara.
Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.
Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.
Ayo Menulis
Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu! Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan
paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan
“Menjadi Petugas Penerima Tamu”
Tuliskan pada tabel berikut ini!
Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah
SD Nusantara kedatangan tamu
Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah
Udin dan teman-teman berbagi tugas.
Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik
Pikiran pokok pada paragraf keempat adalah
Para juri memberikan pujian
Cobalah menuliskan gabungan pikiran pokok dari semua paragraf secara berurut.
SD Nusantara kedatangan tamu. Udin dan teman-teman berbagi tugas. Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian.
Apa yang kamu temukan dari tulisan tersebut?
Kamu akan menemukan rangkaian kalimat yang saling berhubungan. Kalimat tersebut akan membentuk sebuah cerita yang lengkap. Untuk menulis sebuah cerita, mulailah dengan menuliskan pikiran pokok. Lalu, kembangkan cerita dari setiap pikiran pokok yang telah ditentukan.
Ayo Berlatih
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila. Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan! Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!
Sikap/Perilaku | Pengamalan dari Sila Pancasila | |
---|---|---|
Lambang | Bunyi | |
Berdiskusi menentukan program. | Kepala Banteng | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan |
Bekerja sama mengerjakan tugas | Pohon Beringin | Persatuan Indonesia |
Memberi kesempatan semua berpendapat | Padi dan Kapas | Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
Mengerjakan semua tugas dengan bertanggung jawab | Bintang | Ketuhanan yang maha esa |
Membagi tugas dengan rata dan sesuai dengan keahlian. | Rantai | Kemanusiaan yang adil dan beradab |
P
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar