Kamis 11pebruari2021
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Kamis, 11 februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 ( Energi dan Perubahannya)
Subtema : 2 ( Perubahan energi)
Pembelajaran : 5&6
Tujuan pembelajaran :
- Memahami cara menjaga kelestarian energi
- Memahami cara menghitung hari di setiap bulan
Pembelajaran 4
Siswa membutuhkan sarana belajar. Sarana itu diperlukan agar siswa dapat belajar dengan nyaman di sekolah. Siswa perlu ruang kelas yang bersih. Siswa perlu halaman untuk bermain dan berolah raga. Sekolah juga harus menyediakan energi listrik untuk keperluan belajar. Listrik untuk penerangan. Listrik untuk menyediakan air. Juga listrik untuk menghidupkan peralatan yang diperlukan selama belajar.
Setiap bulan sekolah harus membayar penggunaan energi listrik. Sebagai warga sekolah siswa wajib ikut melakukan penghematan listrik. Matikan lampu kelas jika tidak diperlukan. Matikan keran air setelah digunakan.
Sebagai warga sekolah yang baik siswa wajib menunjukkan kepedulian atas penggunaan energi di sekolah. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memenuhi kewajiban melakukan penghematan energi.
Perilaku hemat merupakan perilaku yang disukai Tuhan. Tuhan menyukai orang-orang yang berbuat hemat. Tuhan menyukai orang-orang yang tidak melakukan pemborosan.
Kalian telah membaca wacana di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut!
- Apa sajakah yang dibutuhkan agar kalian dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh! Agar belajar dengan nyaman siswa membutuhkan ruangan yang rapi, bersih, dan jauh dari keramaian, dan penerangan yang cukup.
- Apa yang perlu disediakan sekolah agar siswanya dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh! Agar belajar dengan nyaman sekolah perlu menyediakan ruang kelas yang bersih. halaman untuk bermain dan berolah raga, dan energi listrik untuk keperluan belajar.
- Apa kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah? Kewajiban siswa terhadap sarana sekolah adalah menjaga dan merawatnya dengan baik.
- Untuk apa sajakah energi listrik digunakan di sekolah? Berikan 3 contoh! Penggunaan energi listrik di sekolah antara lain untuk menyalakan lampu, menyalakan penyejuk ruangan, menghidupkan bel sekolah, dan menghidupkan komputer bagi para guru yang bekerja dengan komputer
- Tuliskan 3 peristiwa perubahan energi yang terjadi sehari-hari. Contoh perubahan energi antara lainsaat menyetrika terjadi perubahan energi listrik menjadi energi panas. saat menyalakan kipasterjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. dan saat menyalakan televisi terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi
Ayo Berlatih
Sebagai warga sekolah yang baik kalian memiliki kewajiban untuk menggunakan energi dengan baik. Berikut ini contoh perilaku yang menunjukkan kewajiban menggunakan energi dengan baik. Berikan tanda centang (√) pada gambar yang sesuai. Berikan tanda silang (X) pada gambar yang tidak sesuai!
Tuliskan 3 contoh kewajiban menggunakan energi di rumah!
No. | Kewajiban menggunakan energi di rumah |
---|---|
1. | Menggunakan energi dengan bijak/sesuai kebutuhan |
2. | Menjaga kelestarian sumber-sumber energi yang ada. |
3. | Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang hemat energi |
Kalian harus melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Penghematan energi merupakan tanggung jawab kalian. Menghemat energi sangat penting bagi kehidupan. Sikap ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan.
Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Seringkali kita tidak menyadari terjadinya perubahan energi. Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.
Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasi perubahan energi. Mulai dari bangun tidur sampai kamu tiba di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!
No. | Peristiwa/kegiatan | Perubahan energi |
---|---|---|
1. | Menyalakan lampu kamar tidur. | Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. |
2. | Menyalakan pompa air untuk mengisi bak mandi | Perubahan energi listrik menjadi energi gerak, |
3. | Ibu memasak nasi menggunakan penanak nasi listrik | Perubahan energi listrik menjadi energi panas. |
4. | Berangkat ke sekolah naik sepeda | Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. |
5. | Penjaga sekolah membunyikan bel listrik | Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. |
Ayo Berdiskusi
Energi adalah karunia Tuhan yang sangat besar. Manusia tidak mampu menciptakan energi. Manusia juga tidak mampu memusnahkannya. Manusia hanya mampu mengubah bentuknya. Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang dapat dimanfaatkan.
Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak menggunakan listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.
Sekarang, lengkapi tabel berikut! Isi dengan hak dan kewajiban yang saling berhubungan. Selain itu juga yang terkait dengan penggunaannya. Diskusikan bersama temanmu!
No. | Hak | Kewajiban |
---|---|---|
1. | Mendapatkan makanan dan minuman untuk memperoleh energi. | Menghabiskan makanan yang sudah diambil atau diberikan. |
2. | Menggunakan lampu listrik pada saat belajar di malam hari. | Membayar rekening listrik setiap bulannya kepada PLN. |
3. | Menggunakan angkutan umum saat berangkat ke sekolah | Membayar biaya / ongkos naik angkutan umum |
4. | Menggunakan penyejuk ruangan saat belajar di ruang kelas | Merawat penyejuk ruangan supaya tetap dapat digunakan dengan baik. |
5. | Menggunakan alat / media belajar di sekolah | Menggunakan dan merawatnya dengan baik |
Ayo Berlatih
Lama dan besarnya penggunaan energi listrik mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayar. Tentukan lama penggunaan alat-alat listrik pada soal-soal berikut! Kemudian, bandingkan penggunaan alat-alat tersebut dari yang paling lama sampai yang paling besar biaya listriknya. Selesaikan dan tulis soal-soal berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
1. Hari Minggu, ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.30 sampai dengan pukul 05.00 atau 04.30-05.00. Pada hari senin ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.45 sampai dengan pukul 06.15. Pada hari apakah ibu lebih lama menyalakan mesin air?
Hari Minggu :
04.60 (pinjam 1 jam (60 menit))
04.30 -
00.30 (30 menit)
Hari Senin :
05.75 (pinjam 1 jam (60 menit))
04.45 -
01.30 (1 Jam 30 menit)
Jadi hari Senin ibu menyalakan mesin air lebih lama.
2. Ketika pulang sekolah, Fahmi duduk beristirahat sambil membaca buku cerita. Dia membaca dari pukul 13.30–14.30. Pada sore hari sepulang mengaji, Fahmi melanjutkan membaca buku dari pukul 17.00–17.30. Kapan Fahmi membaca lebih lama?
Siang hari :
14.30
13.30 -
01.00 ( 1 jam)
Sore hari
17.30
17.00 -
00.30 (30 menit)
Jadi Fahmi membaca paling lama saat membaca di siang hari.
3. Setiap pagi, ibu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Selanjutnya, ibu melicinkannya dengan seterika listrik. Hari ini, ibu mulai mencuci dari pukul 06.30 - 07.15. Kegiatan menyeterika dilakukan dari pukul 14.00-15.30. Kegiatan mana yang lebih singkat?
jawab:
4. Ibu menyiapkan nasi goreng, roti panggang, dan susu untuk sarapan. Ibu menyiapkan nasi goreng dari pukul 05.30–05.45. Setelah itu, ibu menyiapkan roti panggang dan susu. Pukul 05.55 sarapan sudah siap di meja. Mana yang lebih lama dilakukan ibu? Menyiapkan nasi goreng atau menyiapkan roti panggang dan susu?
jawab:
5. Hari Minggu, ayah menyalakan mesindari pukul 04.30 sampai dengan pukul 05.00 atau 04.30-05.00. Pada hari senin ayah menyalakan mesin dari pukul 04.45 sampai dengan pukul 06.15. Pada hari apakah ayah lebih lama menyalakan mesin?