Kamis, 19 September 2019. Tema 3, sub 2 pembelajaran 6

Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran :  6 (Enam)
Tanggal :  kamis, 19 September 2019

BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.

Indikator:
3.1.8 Menjelaskan cara menuliskan laporan hasil wawancara.
4.1.8 Melaporkan hasil wawancara.

Format Menulis Laporan Hasil Wawancara
Latar Belakang
Menuliskan alasan melakukan wawancara.
Contoh:
Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang tumbuhan dan hewan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara.
Contoh:
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar tempat tinggal kami, yang meliputi karakteristik tumbuhan dan hewan dan kaitannya dengan tempat hidupnya serta hak dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Topik Wawancara
Menuliskan topik wawancara
Contoh:
Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku

Waktu dan Tempat Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara.
Contoh:
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, 5 November 2105
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Mekar Jaya

Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara dan hasil wawancara.
Contoh:
Narasumber : Bapak Kurniawan
Pewawancara:
Hasil Wawancara
Pada hari Sabtu, 5 Desembr 2015, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Kurniawan tentang tumbuhan di sekitar tempat
tinggalku .....

Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan


PPKN
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

1.2  Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2  Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2  Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator:
3.4.5  Menjelaskan hak dan kewajiban dalam melestarikan sumber daya alam (hewan langka).
4.4.5  Mengomunikasikan hak dan kewajiban dalam melestarikan hewan langka.

Lestarikan Hewan Langka.
Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.
Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut.
Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:
melakukan penangkaran hewan langka.
mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:
menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin5oktober2020

Jumat 4september2020